Friday, February 26, 2010

Kultum Jum’at | Rahasia Pintu-pintu Rezeki

Pintu–pintu Rezeki adalah amal perbuatan yang bila kita lakukan akan menyebabkan Allah Ta’ala memberikan rezikinya kepada kita. Hal ini sudah di janjikan oleh Allah Ta’ala didalam firma-Nya, juga di jelaskan dalam sabda Rasullullah SAW. Adapun pintu-pintu reziki sebaiknya kita memaknai bersama :

1. Bersykur
Syukur adalah salah satu pintu yang menyebabkan dibukanya rezeki dari allah ta’ala, setiap kali kita mensyukuri nikmat yang kita terima dari Allah Ta’ala, maka setiap kali itu pula allah Ta’ala akan menambahkan nikmat yang telah diberikan kepada kita

2. Istiqfar dan Tobat
Istiqfar adalhah pintu yang dapat membuka jalannya rezeki dari Allah ta’ala. Istiqfar adalah memohon ampunan kepada allah Ta’ala yang disertai dengan rasa penyesalan atas segala kesalahan yang telah dilakukan dan diiringi denga tekat yang sungguh untuk tidak mengulangi berbuat kesalahan lagi, yang demekian juga bearti tobat. Tentu saja tujuan dari istiqfar atau memohon ampunan dari allah Ta’ala dari hukumanya, maka hukuman dari allah ta’ala yang dimaksud adalah siksa api neraka. Tobat dan istiqfar bukanlah permohonan yang bertujuan supaya dibukanya pintu rezeki, sedangkan istiqfar adalah memohon ampunan yang semata-mata di tujugan agar dihindarkan dari siksa neraka. Hanya saja Allah Ta’ala telah berjanji akan membukakan rezekinya bagi orang-orang yang selalu istiqfar.

3. Ber-Doa
Doa adalah pintu yang dapat menjadikan penyebab datangnya pintu rezeki. Sesunggunya Do'a sama dengan istiqfar, bedanya do'a untuk memohon rezeki dan istiqfar memohon ampunan . Allah Ta’ala telah berjanji akan mengabulkan permohonan dari setiap hambanya yang berdoa kepadanya. hanya pilihanya tetap sama dengan istiqfar, ada jalan pengabulan doa yang sulit dan ada yang mudah.

4. Birrul walidain dan Silatur-rahim
Birrul walidain atau berbakti kepada ibu dan ayah adalah perintah Allah Ta’ala, ini adalah perintah yang sangat besar dan harus dilaksanakan oleh setiap anak manusia. Menyambung silaturrahim yang dapat kita lakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan yang ada, dan mengutamakan keluarga yang lebih dekat untuk diberi nafkah terlebih dahulu sebelum mampu memberi nafkah kepada keluarga yang lebih jauh. Insya allah anak-anak yang melakukan dengan iklas karena mengharap rila Allah Ta’ala, maka semakin hari Allah Ta’ala akan semakin meluaskan rezeki kepada kalian sehingga mampu menanggung nafkah seluruh keluarga. Bahkan akan menanggung nafkah anak-anak yatim dan fakir miskin yang bukan keluarga. Hal ini sudah dilakukan oleh baginda Nabi SAW beserta para shahabat, juga dilakukan umat setelahnya.

5. Menikah
Tentang memaknai pintu-pintu rezeki menikah bisa di baca di artikel saya sebelumnya di Rezeki menikah.

6. Bertaqwa
Kita sudah sampai pada pintu rezeki yang terakhir yaitu Taqwa, pada dasarnya orang yang bertaqwa adalah orang yang menjalankan amalan untuk membuka seluruh pintu rezeki yang telah dijanjikan oleh Allah Ta’ala. Taqwa adalah jalan yang lurus (shirathal mustaqim), taqwa adalah jalan orang-orang yang diberi kenikmatan oleh Allah Ta’ala (an’amta alaihim), taqwa adalah jalanya orang-orang yang selalu dikejar-kejar rezekidan sama sekali bukan jalanya orang-orang yang mengjar-mengejar rezeki. Taqwa bukanlah jalannya orang-orang islam yang merasa bahwa rezeki yang telah di terimanya dari Allah Ta’ala itu adalah karena kepandaianya dalam mencari rezeki.

Wah tidak terasa udah mau pagi ni.. cukup segitu dulu ya, itulah yang saya dapatkan dari pimpinan perusahan saya yang bernama muhammad mahbub junaidi bin tahmid dimana menjelaskan tentang Rahasia pintu-pintu Rezeki, itu sangat bermamfaat dari saya, alangkah baiknya kita maknai bersama, dan sedikit saya ulas, mungkin di hari jum’at lain saya akan mengulas secara detail satu persatu,, do’akan ya sobat,,, mau tidur dulu ni,, assalamualaikum..

15 comments:

  1. Semoga kita selalu dibukakan pintu rezki.Pemaknaan yang bagus kawan

    ReplyDelete
  2. alhamdulliah pagi2 sudah baca artikel yang bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Artikel yang sangat bermanfaat... Tx sob!!

    ReplyDelete
  4. smoga pinta reski kita di bukakan Allah...
    Amin...

    ReplyDelete
  5. subhanalloh artikel yang bagus sekali,
    Rizki akan bertambah apabila kita senantiasa selalu Berbagi dan memberi kepada setiap sesama
    insya ALLOH

    ReplyDelete
  6. Insya Allah Rejeki kita halal

    http://tukangsandal.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. mantap sobat, artikel yang bagus :)
    salam kenal ya...

    ReplyDelete
  8. article yang bermanfaat, terima kasih atas pencerahannya.
    salam kenal, blognya sudah saya follow klo berkenan follow balik ya...

    ReplyDelete
  9. bagus tipsnya sobat, terima kasih atas sharingnya, sangat bermanfaat, salam sukses

    ReplyDelete
  10. Tambah lagi .. bersedekah ... InsyaAllah

    ReplyDelete
  11. sangat bermanfaat, trimakasih bisa jadi penyejuk hati. salam kenal....

    ReplyDelete
  12. artikel yang baik sekali, di poin ke 5 banyak orang yang takut menikah karena memikirkan rezeki dan penghasilan yang belum cukup mas...

    ReplyDelete