Sunday, March 7, 2010

Kerinci Wisata Unggulan Jambi

Bagi anda yang belum pernah datang ke Jambi, Kabupaten Kerinci adalah salah satu Wisata Unggulan Jambi. Karena terdapat bermacam – macam obyek wisata yang sangat menakjubkan yang sayang untuk dilewati . Karena oyek wisata ini masih alami sekali. Belum terjamah tangan – tangan jahil. Obyek wisata itu antara lain :

Air Terjun Telun Berasap




Air Terjun Telun Berasap merupakan obyek wisata alam yang ada di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Air terjun tersebut bersumber dari sungai yang berhulu di Danau Gunung Tujuh yang mengalir melewati tebing terjal dengan ketinggian sekitar 50 m. Orang Jambi menyebutnya Air Terjun Telun Berasap karena besarnya debit air yang turun sehingga menimbulkan "kabut air" di sekelilingnya.

Di balik Air Terjun Telun Berasap, terdapat sebuah goa. Masyarakat setempat tidak berani memasuki goa tersebut karena medannya begitu sulit dilalui. Air terjun yang sangat deras dengan karang yang terjal, menyebabkan goa tersebut tidak pernah dikunjungi oleh masyarakat maupun para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Air Terjun Telun Berasap. 

Air terjun Telun Barasap menyuguhkan pemandangan yang indah, dengan debit air yang deras sehingga membentuk percikan air yang lembut mirip seperti asap putih atau dikenal juga dengan kabut air. Butiran-butiran uap air yang terbentuk dari kabut air tersebut berwarna indah tatkala disinari cahaya mentari dengan memantulkan kemilau cahaya yang berwarna-warni


Danau Kerinci



Danau ini terletak di Desa Sanggaran Agung, Kecamatan Danau Kerinci, 20 kilometer dari kota Sungai Penuh, Ibukota Kabupaten Kerinci. Luas danau ini kurang lebih 5000 m persegi dengan ketinggian 783 meter di atas permukaan laut. Danau ini tempat yang sesuai untuk rekreasi memancing dan olahraga air. Di pinggir danau ini, terdapat berbagai akomodasi yang memadai bagi pengunjung.

Gunung Kerinci



Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.805 m dari permukaan laut (dpl), merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung tersebut memiliki kawah berbentuk kerucut dengan dinding bagian atas yang berukuran 600 x 580 meter dan 120 x 100 meter untuk dinding bagian bawah. Kawah tersebut berisi air yang berwarna hijau kekuning-kuningan

Di kawasan Gunung Kerinci, terdapat beberapa jenis hutan yang tumbuh di sepanjang lerengnya. Adapun jenis hutan tersebut adalah Hutan Dipterokarp Bukit, Dipterokarp Atas, Hutan Montane dan Hutan Ericaceous atau Hutan Gunung. Kawasan Hutan Dipterokarp Bukit berada pada ketinggian 300 - 750 meter dpl dengan spesies utama, seperti Pokok Seraya , Pokok Keruing , Pokok Meranti dan Pokok Damar Minyak . KawasanHutan Dipterokarp Atas berada pada ketinggian 750 - 1,200 meter dpl yang kebanyakan spesiesnya berbentuk sederhana, seperti Pokok Mempening , Pokok Berangan , Pokok Damar Minyak , dan Pokok Podo . Pada lereng yang agak tinggi terdapat Hutan Montane yang berada pada ketinggian 1,200 - 1,500 meter dpl atau yang terdapat di Bukit Fraser dan Tanah Tinggi Cameron .

Hutan jenis ini banyak tumbuh pokok-pokok daun Tirus Konifer seperti Pokok Pain, Sprus dan Gelam Gunung . Di hutan ini juga terdapat bunga Rafflesia, Periuk Kera dan Pokok Rhododendron. Dengan suhu yang lebih rendah dan tiupan angin yang lebih kencang membuat pohon yang tumbuh di hutan tersebut dengan rata-rata ketinggian antara 1,5 meter sampai 18 meter. Terakhir adalah Hutan Ericaceous atau Hutan Gunung yang berada pada ketinggian di atas 1,500 meter dpl. Hutan ini memiliki spesies utama, seperti Pokok Kelat, Pokok Periuk Kera, beraneka jenis belukar, buluh , resam ,paku-pakis dan lumut . 

Setelah melewati hutan tersebut dan sampai pada puncak gunung yang berada pada ketinggian 3.805 m dpl, para wisatawan dapat menyaksikan pemandangan yang menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan. Para wisatawan dapat melihat ke segala arah penjuru mata angin untuk melihat panorama pemandangan Gunung Kerinci dengan hamparan hutan yang luas, perkebunan teh yang menghijau yang bergabung menjadi satu kesatuan dalam simfoni keindahan alam Gunung Kerinci.

Taman Nasional Kerinci Seblat



Taman Nasional ini merupakan bagian rangkaian pegunungan Bukit Barisan yang ditetapkan sebagai kawasan konservasi alam sejak tanggal 14 Oktober 1982 dengan luas areal kurang lebih 1.484.660 hektar. Secara geografis taman nasional ini merupakan bagian dari 4 propinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan dan Bengkulu. Fauna yang tercatat terdiri dari 37 jenis mamalia, 139 jenis unggas, 10 jenis reptil, 6 jenis amphibi, 6 jenis primata, Badak Sumatera, Gajah, Tapir, Harimau Sumatera, Siamang, Ungko, Simpaei, Wau wau dan lain-lain.

Disamping itu juga terdapat hewan aneh yang disebut oleh penduduk setempat sebagai “Orang Pendek” dengan ciri-ciri pemalu, berjalan tegak, tidak berekor, kekar dan penuh dengan misteri.

Danau Gunung Tujuh



Danau seluas 1000 hektar ini terletak di atas bukit pada ketinggian 1996 meter di atas permukaan laut, kawasan ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Di kawasan danau ini terdapat beraneka ragam flora dan fauna serta pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk dan bersih. Untuk pengunjung tersedia Pondok Wisata dan areal camping seluas 2 hektar.

Danau ini terletak di Kecamatan Gunung Kerinci berjarak kurang lebih 50 kilometer dari ibukota Kabupaten Kerinci dan dapat dicapai dengan kendaraan roda empat dan jalan setapak yang berjarak kurang lebih 4 kilometer



Bagi teman – teman yang datang ke Propinsi Jambi jangan sampai di lewatkan, obyek wisata yang ada di Kabupaten Kerinci.





(Artikel di dapat sedikit dari info jambi)

14 comments:

  1. Subhaanallah, tempat wisata yang indah. Tanda kebesaran Allah

    ReplyDelete
  2. Keren... Belum pernah ke sana. kepingin... ^_^

    ReplyDelete
  3. salam sobat
    waoo indah banget wisata di JAMBI,,
    SAYA belum pernah nich,,jadi pingin ,,
    apalagi melihat foto2nya ini.

    ReplyDelete
  4. Nice info plend.. Aku pernah ke jambi, bukan di kerinci tp di bajubang .. Lam knal yak :-)

    ReplyDelete
  5. Nice info plend.. Aku pernah ke jambi, bukan di kerinci tp di bajubang .. Lam knal yak :-)

    ReplyDelete
  6. wahh..keren tuh. aku blom pernah ksana..salah satu aset bangsa ini adalah dr aset pariwisata

    ReplyDelete
  7. mabak Nura@ kapan2 datang aja, di jamin asik,,,
    bujen@ itu muara jambi,
    life@ benar sekali sob,,
    secangkir@ pasti mau buat tempat penginapan di derah sana untuk bisnis,, hehehehe

    ReplyDelete
  8. Di Kerinci ada hotel yang bagus ga ya? Please info

    ReplyDelete
  9. pemandangan nya indah sekali.. trus bagaimana dengan goa yang ada di air terjun berasap? apakah sekarang masyarakat masih tidak berani memasuki goa tersebut? emank nya di dlam goa itu ada apa?
    thank's

    ReplyDelete
  10. http://wisatakabkerinci.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. http://wisatakabkerinci.blogspot.com

    ReplyDelete