Friday, July 2, 2010

Polisi Terhina Disamakan Dengan Penggembala Babi Oleh Tempo

Cover Majalah Tempo Menghina PolisiPolisi Terhina Disamakan Dengan Penggembala Babi Oleh Tempo ~ Ulang tahun Polri tahun ini rupanya mendapat hadiah yang kurang mengenakkan. Polri mengenakan pasal perdata dan pidana untuk majalah Tempo berkaitan dengan sampul majalah itu yang bergambar seorang polisi yang memegang tali kekang 3 celengan babi. Polisi merasa terhina dengan gambar tersebut dan Divisi Humas Mabes Polri telah menerima keluhan dari para polisi di seluruh Indonesia.

Majalah bergambar kontroversial itu memang dalam rangka HUT Polri ke-64 yang jatuh pada 1 Juli 2010, memuat tema Rekening Gendut Perwira Polisi yaitu laporan tentang rekening mencurigakan dari beberapa perwira tinggi polisi yang terlibat transaksi gelap.

Gugatan yang dilayangkan Polri adalah tentang sampul depan Tempo, kalau tentang isinya Polri tidak mau menanggapi sebab sumbar datanya tidak jelas dan polri akan menyelidiki siapa yang telah membocorkan data rekening perwira polisi ke media.

Pimpinan Tempo menolak jika sampul depan majalahnya dianggap menghina sebab itu hanya gambar karikatur yang maksudnya adalah seorang polisi yang mempunyai celengan dan jangan ditafsirkan apa adanya. Tempo merasa banyak sekali perwira polisi yang mempunyai rekening gendut yang tidak jelas asalnya dan masyarakat berhak tahu. Masalah inipun sudah dilaporkan Polri ke Dewan Pers yang diharapkan menjadi penengah antara Polri dan Majalah Tempo.

No comments:

Post a Comment