Saturday, July 3, 2010

Groub KLANTINK Indonesia Mencari Bakat

KalantnkGroub KLANTINK Indonesia Mencari Bakat ~ Waktu menonton babak audisi awal Indonesia Mencari Bakat (IMB), dari sekian nama yang tampil, ada satu nama yang sangat menarik perhatianku. Dari genjrengan khas dari grup musik ini, kemudian aksi mereka mengaransemen habis lagu-lagu pop menjadi khas mereka. Empat juri IMB pun memuji mereka dalam bermusik, apalagi mereka adalah kelompok penyanyi jalanan yang terdiri dari 5 orang. KLANTINK, begitulah nama grup musik jalanan ini.

Grup dari Joyoboyo, Surabaya ini memulai menjadi sebuah grup pada 2005 (kalau tidak salah, hehe). Dulu pertama kali tahu ada grup seperti ini dari Radio Suzanna FM yang saat itu sedang mengadakan lomba Nyanyi Berlima yang disponsori oleh salah satu operator selular, inisial I*M*3 (ketahuan deh) pada 2007.

Audisinya bukan datang ke tempat, namun ditelpon pihak Suzanna dan di On Air-kan secara live. Saat menelpon itulah mereka menunjukkan aksi bermusiknya. Nah, dari sinilah aku tertarik dengan grup Klantink, walau tidak tahu menahu siapakah Klantink tersebut.

Akhirnya aku terus berdoa (karena tidak bisa SMS untuk mendukung) agar masuk final. Dan alhamdulillah doaku terkabul :) Klantink masuk 5 besar dan manggung di Suzana untuk unjuk diri. Walaupun tidak lihat langsung, tapi cukup mendengar lewat radio saja aku menilai Klantink benar-benar grup musik yang berbeda dari 5 finalis yang lainnya. Disaat yang lain memakai format grup vokal dan aransemen keyboard, Klantink menggunakan instrumen pengamen khas. So different, i like it (Rianti mode on)!

Setelah memenangi juara 3 di lomba Nyanyi Berlima Suzanna tersebut, nama Klantink sudah tak pernah terdengar lagi olehku. Padahal menurutku sayang sekali grup sekreatif tersebut hanya untuk lomba saja, sebaiknya diteruskan.

Wajah para personelnya saja aku tak tahu. Mungkin saja mereka adalah pengamen yang aku temui di bis setiap tes SIM ke Kolombo, Perak, wallahualam.

2 tahun kemudian, IMB lahir di Trans TV. Digirangkanlah aku oleh munculnya nama Klantink di jajaran peserta audisi IMB. Benar atau tidaknya Klantink yang pernah aku dengar di radio tahun 2007 aku uji. Dan ternyata mereka benar-benar Klantink! Mulai dari aransemen musik, tempo tak beraturan namun rancak khas pengamen, dan suara yang kompak dari para personel membuat aku yakin : Inilah grup pengamen yang pernah aku favoritkan 2 tahun lalu!!

Kini Klantink berada di puncak popularitas berkat IMB. Pendukungnya pun beragam, termasuk Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) sendiri. Aku harap Surabaya, sebagai penyumbang bakat terbanyak dalam IMB (terutama Klantink) bisa maju sampai final nanti dan mendapat kemenangan. Amiiiiiin !


http://bukankomikamu.blogspot.com

12 comments:

  1. go go go go go go klantink....

    moga suksez....

    aku salut banget ma klantink....

    ReplyDelete
  2. Terimakasih telah mengkopi tulisan saya dan mencantumkan sumbernya :)

    samasama pendukung Klantink nih?

    ReplyDelete
  3. sukses buat klantink.... 4 mas wawan_klantink... wlpun kgn sm suara km di joyoboyo yg udh bbrpa bulan tak tdengar..tp aq hrp aq g akn prnh dgr suara itu lg di terminal..tp di TV..... sukses sllu buat klian....

    ReplyDelete
  4. tambahan info dari: klantink punya fans club "klantinklovers", nama yg aku usulkan dan sudah disetujui serta dipakai wawan cs untuk menyebut para pendukungnya. Tapi ada juga nama lain seperti klantinkers dan pecinta klantink. Sukses selalu buat klantink. Aku bangga jadi wong jawa timur yg penuh bakat

    ReplyDelete
  5. Klantink ... cool ... keep Rock'n dude .... you'r the best one

    ReplyDelete
  6. maju terus klantink.
    jangan pernah padam berkreatifitas

    ReplyDelete
  7. KLANTINK......

    Q ZETIA B'ZAMA MUE...........

    ReplyDelete
  8. mz wawan topppppppppppppppppppppp

    ReplyDelete
  9. aku harap klantink jadi juaranya

    ReplyDelete
  10. assalamu'alayikum

    aku titi dimalang.aku penggemar berat klantink lho, walau masih kelas 6 MI aku juga suka kok musik kroncong apalagi kalau yang main musik kroncongnya klanting makin ngefans aku.terus semangat ya agar bisa menjadi juara di indonesia mencari bakat.terima kasih

    ReplyDelete
  11. aku sukak sama klantink ,
    musiknya khas
    dengan kesederhanaan yang bagiku istimewa ,
    smoga sukses selalu , dan nggak jadi sombong kalo sukses [hehe]
    terutama wawan , hehe
    :D
    nina , sidoarjo

    ReplyDelete
  12. PUTRI AYU SEKARANG SUDAH TERKENAL. BERKOLABORASI DENGAN PARA MUSISI PAPAN ATAS DUNIA SEPERTI D. FOSTER DAN M. BOLTON. KLANTINK KEMANA YA.... GUE JG BINGUNG...
    EMANG YANG NAMANYA KWALITAS LARINYA TIDAK KEMANA PASTI REZEKI DATANG DENGAN SENDIRINYA.. LOOK PUTRI AYU AS THE EXAMPLE. BAHKAN KABARNYA NEEE P. AYU DIAJAK AMA OM DF MANGGUNG DI SINGAPORE

    ReplyDelete